Tuesday, September 26, 2023

Kodim 0411/KM bersama Dinas BKKBN Pemkot Metro dan Kabupaten Lamteng Gelar Yan KB


Media Center Kodim 0411/KM

Dalam rangka memperingati Hari Kontrasepsi Sedunia atau Word Contraception Day (WCD) tahun 2023, Kodim 0411/KM bersama Dinas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pemkot Metro dan Kabupaten Lamteng melaksanakan kegiatan Pelayanan KB bertempat di empat titik yakni RS Bantul Metro Selatan, RS AMC Metro Pusat, RS Islam Metro dan di Puskesmas Karang Rejo Metro Utara. Selasa (26/09/23)

Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia bertujuan mengangkat kesadaran mengenai pentingnya kontrasepsi dan meningkatkan edukasi mengenai kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual. 

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perencanaan keluarga dengan berbagai pilihan metode kontrasepsi yang ada,” ungkap Pasi Ter Lettu Arh Rahmat M. mewakili Dandim 0411/ KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P.

"Pada kegiatan ini dihadiri dan diikuti oleh Ka Poskes Kodim 0411/KM Letda Ckm Sudarsyah beserta dr. Purnama Casia Vera dan anggota Poskes, Kabid KB Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Metro Ibu Lida Limawati,S.Keb.,SKM., beserta staf Dinas PP dan KB  Kota Metro, Kader KB se Kecamatan Kota Metro, Tenaga Kesehatan RS AMC, RS Islam dan Puskesmas Karang Rejo, Peyuluh KB Kecamatan Karang Rejo Nurul,S.Keb., 11 gabungan Anggota Staf Ter Kodim dan Babinsa, Akseptor RS Sumbersari sebanyak 50 orang, Akseptor RS AMC sebanyak 41 orang, Akseptor RS Islam sebanyak 25 orang dan Akseptor Pukesmas Karang Rejo sebanyak 48 orang," jelas Pasiter.




Kabid BKKBN Kota Metro Lida Limawati,S.Keb.,SKM. mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya memberikan layanan KB berkualiats kepada masyarakat. “Dengan pelayanan KB gratis, berharap angka penggunaan kontrasepsi semakin meningkat khusunya di wilayah Kota Metro dan Kabupaten Lamteng,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Lida Limawati juga mendorong kepada kader kesehatan untuk memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS). “Kader kesehatan harus mempunyai jaminan kesehatan. Ini harus kita dorong,” katanya.



Lida Limawati juga menyampaikan "Dengan perencanaan kehamilan yang baik, anak yang lahir akan lebih bisa dijaga kesehatan dan gizinya. Sehingga, potensi adanya stunting dapat dikurangi. Sebab, penurunan stunting menjadi perhatian serius bagi Pememerintah Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah dan juga Kodim 0411/KM tentunya," pungkasnya. (DL)

No comments:

Post a Comment