Saturday, September 16, 2023

Babinsa Koramil 411-07/SB Peduli Musibah Kebakaran Salah Satu Warga Binaannya


Media Center Kodim 0411/KM

Babinsa Koramil 411-07/SB Kodim 0411/KM Sertu Wasito beserta 4 orang anggota melaksanakan aksi peduli berupa pembersihan puing-puing pasca musibah kebakaran yang menimpa salah satu warga binaan a.n. Basori (43 Thn) pekerjaan Petani, yang beralamatkan di Rt/Rw 018/009 Dusun 5 Mekar Harum Kampung Sri Budaya Kecamatan Way Seputih Kabupaten Lamteng. Sabtu (16/09/2023)

Berawal dari sekira pukul 00.30 Wib, Basori beserta 2 rekannya M. Hambali (40) dan Anuri (40) baru pulang dari mencari jerami padi sebagai bekal makan ternak lalu beristirhat. Pada saat itu Basori berniat untuk memasak air dengan tujuan membuat minuman kopi, saat menyalakan kompor gas miliknya ternyata gas kompor miliknya tersebut habis.


Melihat hal tersebut, Basori menggunakan pelepah kelapa kering (blarak) sebagai alternatif untuk memasak air di tungku yang letaknya di teras dapur dan berdekatan dengan tumpukan kayu bakar, kegiatan memasak air dilanjutkan oleh istri Basori dan kemudian membuatkan kopi.

Pada pukul 01.00 Wib, usai beristirahat dan minum kopi bersama, kedua rekan Basori pamit untuk pulang ke rumah masing-masing, sebelum beristirahat Basori dan istri melakukan pembersihan sembari memastikan bahwa api dalam tungku sudah padam.

Sekitar pukul 03.30 Wib, salah satu tetangga Basori yang bernama Sugeng (38) mendapati api sudah menjalar di atap dapur Basori, kemudian berteriak meminta bantuan warga. Dengan bantuan warga sekitar api dapat dipadamkan pukul 04.35 Wib.


Untuk sementara ini Babinsa Koramil 07/SB mendata setidaknya terjadi kerugian materiel diperkirakan sekitar Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah) dengan rincian dapur rumah atap asbes berukuran 4 X 6 m, ruang belakang beratap genting ukuran 4 X 2 m, 1 kubik balok ukuran 8 x 12 cm dan tandon air ukuran 600 liter.

Sertu Wasito mengatakan, "Untuk kerugian jiwa nihil dan kerugian materiel diperkirakan mencapai Rp. 25.000.000,- , semoga dengan adanya aksi peduli kami di lokasi kejadian ini, menjadikan moril bapak Basori menjadi kuat dalam menghadapi musibah, dan bagi warga yang lain kami ucapkan terima kasih serta waspadai musibah kebakaran yang akhir-akhir ini sering terjadi," pungkasnya.


Dandim 0411/KM Letkol Arh Rendra Febrandari Suparman,S.I.P. ditempat terpisah mengucapkan terima kasih kepada aksi tanggap dan peduli para Babinsa Koramil Jajarannya, "Saya ucapkan terima kasih atas ketanggapan dan kepedulian para Babinsa yang sudah cepat membantu meringankan cobaan musibah warga binaan di wilayahnya," ujarnya.

"Tetap selalu berada didekat masyarakat dalam keadaan apapun juga, kita adalah prajurit yang merupakan anak kandung rakyat, jangan tunda saat rakyat membutuhkan kita, jangan lupa jaga keamanan, kesehatan dan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait di wilayah teritorialnya masing-masing," pungkasnya. (DL)

No comments:

Post a Comment