Saturday, May 18, 2019

KODIM 0411/LT DAN POLRES LAMTENG BERGERAK CEPAT REDAM KERUSUHAN ANTAR WARGA



Media Center Kodim 0411/LT

Dandim 0411/LT Letkol Czi Burhannudin,S.E.M.Si segera memerintahkan seluruh Prajurit Kodim 0411/LT untuk segera mengantisipasi informasi pada pukul 22.30 Wib yaitu adanya konsentrasi massa di Dusun Sari Agung Kampung Buyut Udik Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lamteng yang diperkirakan akan saling serang antara warga pribumi (Suku Lampung) dengan warga Suku Jawa dibantu kelompok Pengamanan Bersama (Pambers). Jumat, (17/05/2019)


Berdasarkan info awal kronologis kejadian yaitu pada tanggal 17 April  2019 di saat  penghitungan suara Caleg  di dusun Sari Agung ( TPS 10) telah terjadi pemukulan terhadap ketua KPPS (Az) oleh Tim sukses salah satu Caleg (Za) yang diduga memperoleh suara yang tidak diharapkan.

Perselisihan tersebut langsung dimediasi oleh Kepala Kampung (Johansyah) dan dinyatakan selesai sehingga dilanjutkan kegiatan di PPS kembali, lalu pada pukul 22.00 Wib (Az) kembali menerima penganiayaan oleh 4 (empat) orang warga Kampung Buyut Udik Induk yang disinyalir adalah tim sukses caleg (Za) di depan rumah miliknya, selanjutnya (Az) dan tetangga sekitar melakukan perlawanan, dikarenakan tidak seimbang maka para pelaku melarikan diri ke Kampung Buyut Udik dengan meninggalkan SPM 2 unit di depan rumah (Az) (saat ini kendaraan tersebut diamankan oleh Polres Lamteng).


Melihat Kodisi wilayah pada pukul 22.30 Wib terjadi konsentrasi massa di Dusun Sari Agung mencapai sekitar 1000 orang maka Dandim 0411/LT tidak mau terjadi apa-apa di wilayah binaannya, 70 personel dipimpin langsung oleh Kasdim 0411/LT Mayor Inf Ucok Namara segera meluncur ke lokasi pengkonsentrasian warga tersebut dan bergabung bersama 300 personel Polres Lamteng yang dipimpin oleh Wakapolres Lamteng Kompol Kompol Harto Agung Cahyono.

Pada Sabtu pukul 01.25 Wib terjadi amukan massa dari warga Kampung Buyut dengan merusak 4 rumah warga di dusun Sari Agung, situasi yang semakain memanas tersebut berhasil diredam dengan tindakan blokade aparat gabungan TNI dan Polri yang dipimpin Kasdim 0411/LT dan Wakapolres Lamteng.

Pada pukul 02 .20 Wib Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma,S.IK,.M.Si didampingi Kasdim 0411/LT berhasil meredakan situasi dengan memberikan himbauan  agar keduanya untuk mundur ke kampung masing-masing.


Massa akhirnya membubarkan diri dan kembali ke rumah-masing-masing, sampai dengan saat ini situasi dan kondisi di lokasi kondusif.

Pada pukul 04.15 Wib situasi mulai benar-benar kondusif, selanjutnya gabungan personel Kodim 0411/LT dan Polres Lamteng tetap bersiaga di lokasi sambil membantu membersihkan kaca rumah warga yang rusak dan membantu evakuasi warga yang sakit, orang tua usia lanjut dan anak-anak. (DL)


No comments:

Post a Comment