Thursday, November 24, 2016

DANDIM 0411/LT SOSIALISASIKAN BHINNEKA TUNGGAL IKA DI KABUPATEN LAMTIM










Melihat kondisi terkini yang berkembang, baik di media cetak, media elektronik maupun di media sosial, rentetan peristiwa yang ada di tanah air, ditanggapi dan direspon sebagai sesuatu yang perlu dicermati dan dibahas dalam ruang lingkup yang lebih mengutamakan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan mengambil tema " Silaturrahmi Forkopimda bersama Toga, Todat, Tomas, Toda dan Komponen Masyarakat dalam Kerangka Bhinneka Tunggal Ika dan Mensukseskan Pembangunan di Kabupaten Lampung Timur " di Pusiban Kabupaten Lampung Timur Dandim 0411/LT Letkol Inf. J. Kurniawan,S.I.P bersama Forkopimda Lampung Timur diantaranya Kapolres Lamtim AKBP Harseno, Asisten I Bapak Tarmuzi (mewakili Bupati Lampung Timur) memberikan pengarahan kepada Para Asisten Jajaran Kabupaten Lamtim, Camat, Kades dan aparatur Pemda Lamtim, Danramil jajaran Kodim 0411/LT beserta Babinsa, Kapolsek Jajaran Polres Lamtim beserta Babinkamtibmas dan Toga, Todat, Tomas, Toda serta perwakilan Komponen Masyarakat yang meliputi berbagai LSM dan Ormas mengimplementasikan Bhinneka Tunggal Ika secara interaktif (23/11/2016).

Letkol Inf J. Kurniawan, S.I.P. memberikan gambaran seputar isu-isu terkini yang mengarah pada fitnah, hujatan, adu domba ,SARA, maupun kecaman terhadap Pemerintah, Dandim 0411/LT menegaskan kepada masyarakat dalam menerima informasi harus jelas dan mengetahui persis sumber-sumber berita.Beliau juga memberikan gambaran betapa pentingnya keutuhan NKRI saat ini dalam menghadapi kondisi keamanan internasional yang kini dalam keadaan mencari sumberdaya alam minyak yang mulai menipis.

Lanjutnya, dalam memberikan wawasan kepada peserta yang hadir agar menghindari suatu tindakan menjurus kepada suatu pihak yang dibenarkan dan suatu pihak yang disalahkan, tetapi tetap berdiri netral dan percaya kepada aparat penegak hukum. Penegasan Dandim 0411/LT sangat jelas tentang Bhinneka Tunggal Ika adalah kekuatan Persatuan dan Kesatuan yang mutlak bagi bangsa Indonesia, dengan lebih mengedepankan sejarah kemerdekaan yang diraih oleh beragam suku, agama atupun komponen perjuangan, yang perlu diingat adalah betapa pentingnya persatuan dan kesatuan diantara segala perbedaan yang ada disekitar lingkungan masyarakat.

Peserta Sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika terlihat antusias mendengarkan pengarahan Dandim 0411/LT, Asisten I Kabupaten Lamtim dan Kapolres Lamtim. Diantara Peserta terdapat Kasdim 0411/LT Mayor Inf G. Manurung,S.H. dan Pabung Lamtim Mayor Inf. Joko S., Kasidatun Kejari Lamtim Bapak Hasan berbaur bersama aparat Kepolisian Lampung Timur, kebersamaan terlihat hangat saat usai acara tokoh adat Lampung, tokoh adat Bali dan tokoh adat Jawa saling bersalam-salaman, semua peserta yang terdiri dari berbagai lapisan dan komponen kini benar-benar melaksanakan persatuan dan kesatuan yang berlandaskan BHINNEKA TUNGGAL IKA, walau acara dimulai dari pukul 13.30 s.d. 16.30 Wib tersebut dinilai terlalu singkat namun bisa mengingatkan kembali betapa kemerdekaan Bangsa Indonesia benar-benar diraih dari perjuangan bersama.

No comments:

Post a Comment