Friday, November 11, 2016

KODIM 0411/LT MELAKSANAKAN GARJAS







Pembinaan   jasmani   militer   merupakan   salah   satu   fungsi   khusus   TNI   AD. Sesuai   peran   dan   fungsinya   menyelenggarakan   pembentukan,   peningkatan   dan pemeliharaan   jasmani   militer   baik   perorangan   maupun   satuan,   agar   terwujud kesamaptaan   jasmani   yang   diperlukan   guna   mendukung   pelaksanaan   tugas.Pembinaan jasmani  militer   pada   dasarnya   harus dapat  mewujudkan   kesamaptaanjasmani   yang   diperlukan   untuk   mendukung   tugas   pokok   TNI   AD.

Kodim 0411/LT melaksanakan kegiatan Garjas dan renang militer dasar periodik II Tahun 2016 hari Kamis dan Jumat tanggal 9 dan 11 November 2016 pukul 06.00 WIB s.d. selesai di Stadion dan kolam renang Tejosari.

Sebelum melaksanakan kegiatan Garjas terlebih dahulu melaksanakan pengecekan Kesehatan serta prosedur lainnya yang sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan jasmani yang di keluarkan oleh TNI-AD.

Adapun yang dilaksanakan dalam tes kesegaran jasmani adalah lari dengan jarak tempuh 3200 meter (Garjas A), pull up selama 1 menit, sit up selama 1 menit, push up selama 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya (Garjas B). Dan untuk menentukan jumlah nilai Garjas B adalah jumlah dari nilai-nilai Garjas B dibagi empat.

Dari nilai hasil keseluruhan tes kesegaran jasmani (Garjas A+B) ini dibagi dua dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian Garjas periodik. Pelaksanaan Garjas periodik dilaksanakan 2 kali dalam setahun.

Komandan Kodim 0411/LT Letkol Inf J. Kurniawan,S.I.P diwakili oleh Pasi Pers Kodim 0411/LT Kapten Inf. Gunawan menyampaikan, kegiatan tes kesegaran jasmani periodik ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit Kodim 0411/LT, kemampuan jasmani yang baik mutlak harus dimiliki oleh setiap Prajurit, karena hal ini merupakan tolak ukur dalam melaksanakan tugas.

Kapten Inf. Gunawan berharap melalui tes Garjas Periodik ini, dapat mengukur dan mengetahui kemampuan jasmani prajurit setiap enam bulan sekali, apakah  meningkat atau sebaliknya menurun.

Apabila jasmani prajurit meningkat harus dipertahankan akan tetapi apabila jasmani prajurit menurun perlu diadakan pembinaan fisik secara ekstra disatuan, Ucapnya

No comments:

Post a Comment