Wednesday, May 25, 2016

Dandim 0411/LT Letkol Inf. Jajang Kurniawan, S.I.P. Menerima Kunjungan Mahasiswa PTIK


Agenda kegiatan Mahasiswa Pendidikan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Angkatan 68 di Kota Metro, menyambangi markas komando distrik militer (Kodim) 0411/LT. Rombongan Mahasiswa yang dipimpin ketuanya Sdr. Herman Edco W.Sombolon dan Dosen pendamping Dr. Novi Indah Erlyanti diterima langsung oleh Komandan Kodim 0411/LT, Letkol Inf. Jajang Kurniawan, S.I.P didampingi Kasdim Mayor Inf. Gomgom Manurung, S.H. para Pasi dan Danramil di ruang kerjanya, Rabu 25 Mei 2016.

Menurut Herman Edco, selaku ketua Rombongan Mahasiswa PTIK, agenda kunjungan ke Makodim 0411/LT selain untuk bersilaturahmi juga diskusi tentang permasalahan Kamtibmas. “Terlebih Kodim 0411/LT membawahi tiga wilayah yaitu, Kota Metro, Lampung Tengah dan Lampung Timur. Sudah tentu Kamtibmas jadi prioritas utama,” terang Herman.

Selain menyambangi Makodim 0411/LT, Mahasiswa PTIK juga berkunjung ke kantor Kejaksaan Negeri Metro. Disini rombongan diterima Kajari Metro Francisca Juariyah dengan didampingi para Kasi. “Di sini (Kejaksaan -red) kami juga diskusi terkait Hukum serta kasus-kasus apa saja yang menonjol yang sering ditangani oleh pihak Kejaksaan,” akunya.

Tidak sampai disitu, mahasiswa PTIK juga berkesempatan bertemu dengan anggota Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat (FKPM), Satgas Anti Narkoba, tokoh masyarakat, tokoh adat di lima wilayah Kecamatan yang ada di kota Metro.

Dalam dialog dengan berbagai unsur organisasi kemasyarakatan lanjut Herman Edco, banyak hal yang dapat diserap terkait permasalahan Kamtibmas. Seperti pada pembahasan bidang bahaya Narkoba, Terlebih saat ini peredaran Narkoba sudah diambang yang sangat memprihatinkan.

Dan Negara sudah menyatakan perang besar terhadap Narkoba. Dalam kaitan hal ini , semua pihak harus dilibatkan dan ikut terlibat agar peredaran Narkoba dapat diberantas.

Herman Edco menambahkan, untuk sistem dan pelaksanaan Kamtibmas di kota Metro secara umum sudah berjalan cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan terbentuknya berbagai organisasi masyarakat seperti, FKPM, Satgas Anti Narkoba yang bermitra dengan Aparatur Negara yang tujuannya untuk menciptakan Kamtibmas .

Namun demikian peran aktif dari Pemda juga sangat dibutuhkan terlebih yang menyangkut masalah kesejahteraan atau anggaran operasional. Tanpa adanya dukungan yang nyata dari Pemerintah daerah maka bidang Kamtibmas tidak akan berjalan maksimal.

“Dalam dialog ini kami banyak mendapat masukan dari masyarakat. Untuk terciptanya suasana Kamtibmas yang maksimal, semua pihak harus terlibat, kordinasi dengan semua pihak harus terjalin dengan baik. Dan yang tidak kalah penting Peran Pemda dalam hal Kamtibmas terlebih kepada satuan tugas yang sudah dibentuk harus benar-benar nyata agar organisasi yang sudah dibentuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” tandasnya. (Media Center Kodim 0411/LT - Igun)

No comments:

Post a Comment