Monday, June 15, 2020

Babinsa Koramil Kalirejo Dampingi Tim Kesehatan Laksanakan Swab Tes


Media Center Kodim 0411/LT

Sertu Een Setiyono Babinsa Koramil 411-15/Kalirejo mendampingi pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Lamteng dan Puskesmas Sendang Agung mengambil sample Swab terhadap keluarga (Kh) yang merupakan orang tua Sdri. (Rr) di Dusun III RT 14 Kampung Sendangrejo Kecamatan Sendang Agung. Senin (15/06)

Seperti yang diketahui untuk mendeteksi Covid 19 ada dua cara yaitu dengan cara Rapid tes dan Swab dimana Rapid test memeriksa virus menggunakan IgG dan IgM yang ada di dalam darah. IgG dan IgM adalah sejenis antibodi yang terbentuk di tubuh saat mengalami infeksi virus.


Bila terinfeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah, hasil rapid test dengan sampel darah itu bisa memperlihatkan adanya IgG atau IgM yang terbentuk di tubuh. Kalau ada, maka hasil rapid test dinyatakan positif ada infeksi. Namun, hasil tersebut bukanlah diagnosis yang menggambarkan infeksi Covid-19.

Maka dari itu, orang dengan hasil rapid testnya positif, perlu menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan swab tenggorokan atau hidung, pemeriksaan ini dinilai lebih akurat sebagai patokan diagnosis. Sebab, virus corona akan menempel di hidung atau tenggorokan bagian dalam, saat ia masuk ke tubuh.

Sampel lendir yang diambil dengan metode swab nantinya akan diperiksa menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Hasil akhir dari pemeriksaan ini, nantinya akan benar-benar memperlihatkan apabila ada virus SARS-COV2 (penyebab Covid-19) di tubuh seseorang


Tes Swab yang dihadiri oleh Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Lamteng Yulianto SKM.,M.Kes, Analis Lamteng Idah, Analis Puskesmas Segala Mider Alfin, Kapuskes Sendang Agung Ilmu Jadid,S.Kep, Kanit Binmas Polsek Kalirejo Aiptu By. Kusdiyono, Tim laboratorium Intan,Amd.keb, Kepala Kampung Sendangrejo Khotini dan 4 orang anggota tim medis Puskesmas Sendang Agung ini dimaksudkan karena Ririn Risnawati memiliki riwayat yang harus diperdalami.

Rr yang berusia 25 tahun ini bekerja sebagai pengasuh anak di rumah Dr. (Sg) beralamatkan di Jalan Gajah Mada No. 69 A Bandar Lampung, Saat Hari Raya Idul Fitri tepatnya tanggal 20 Mei 2020 Sdri. (Rr) pulang ke rumah orang tuanya dan diindikasi melakukan kontak dengan kedua orang tuanya serta 14 sodaranya.


Tanggal 08 Juni 2020 Rr menjalani pemeriksaan Rapid tes pertama di RS. Graha Husada dengan hasil negatif, selanjutnya tanggal 09 Juni 2020 pelaksanaan Rapid tes kedua Ybs. dinyatakan Positif dan langsung dilaksanakan karangtina di RS Abdul Muluk Bandar Lampung.

Untuk mencegah penyebaran Covid 19 maka terinisial yang pernah berhubungan dengan Rr segera dilakukan Swab agar bisa diambil langkah yang tepat oleh Dinas Kesehatan. (DL)

No comments:

Post a Comment